cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25484435     EISSN : 26158752     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia telah memiliki P-ISSN: 2548-4435 (Media Cetak) dan E-ISSN : 2615-8752 (Media Online) yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu, yang memuat artikel-artikel yang berisi tentang hasil-hasil penelitian, telaah/tinjauan pustaka, kasus lapangan atau gagasan dalam bidang ilmu matematika dan Pendidikan Matematika.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2018)" : 6 Documents clear
Nilai-nilai matematika pada batik Besurek Bengkulu Saleh Haji; Yumiati Yumiati
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.132 KB) | DOI: 10.33369/jpmr.v3i1.5714

Abstract

Batik besurek Bengkulu merupakan produk budaya masyarakat Bengkulu yang menjadi salah satu warisan budaya Indonesia mengandung berbagai nilai kehidupan. Salah satunya mengandung nilai-nilai matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai matematika yang terkandung dalam batik besurek Bengkulu tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa batik besurek Bengkulu mengandung berbagai nilai matematika. Kesimpulan penelitian adalah terdapat sekurangnya terdapat 4 nilai matematika yang terkandung pada batik besurek Bengkulu yaitu: Kesepakatan, Konsisten dalam sistem, Memiliki simbol yang kosong arti, dan memperhatikan semesta pembicaraan.
Komparasi hasil belajar geometri pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dilengkapi aplikasi swishmax, pembelajaran kooperatif tanpa swishmax, dan model pembelajaran konvensional Sahrir Sahrir; Tanwey Gerson Ratumanan
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.056 KB) | DOI: 10.33369/jpmr.v3i1.5794

Abstract

Penelitian ini diarahkan untuk mengkaji penerapan pembelajaran kooperatif yang dilengkapi dengan aplikasi Swishmax. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Ambon, dengan menggunakan jenis penelitian quasi experimental. Kelas pertama dijadikan kelas eksperimen 1, menggunakan model pembelajaran kooperatif dilengkapi dengan aplikasi Swishmax. Kelas kedua dijadikan kelas eksperimen 2, menggunakan model pembelajaran kooperatif tanpa aplikasi Swishmax. Kelas ketiga dijadikan kelas kontrol, menggunakan pembelajaran konvensional. Data berupa hasil tes, dianalisis menggunakan uji Analisis Varians Satu Jalur yang dilanjutkan dengan uji Tukey’s HSD. Dari analisis tersebut diperoleh: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar Geometri yang signifikan antara kelas yang menggunakan aplikasi swishmax berbantuan model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran kooperatif tanpa aplikasi swishmax dan model pembelajaran konvensional; dan (2) Hasil belajar Geometri siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif berbantuan aplikasi Swishmax lebih tinggi dari kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tanpa aplikasi Swishmax dan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. 
Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa sma melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika Umaedi Heryan; Zamzaili Zamzaili
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.589 KB) | DOI: 10.33369/jpmr.v3i1.6287

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah open ended peserta didik sekolah negeri dan swasta dalam pembelajaran matematika realistik berorientasi etnomatematika Bengkulu Dwi Yanti; Wahyu Widada; Zamzaili Zamzaili
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.7 KB) | DOI: 10.33369/jpmr.v3i1.6284

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan kemampuan pemecahan masalah open ended antara siswa sekolah negeri dan swasta yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik berorientasi etnomatematika Bengkulu. Rancangan penelitian ini adalah postes pretest desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA N 2 Kota Bengkulu dan SMA IT Iqra Bengkulu, dengan sampel 74 siswa Kelas XI MIPA-A dan MIPA-C untuk SMA N 2 Bengkulu, dan untuk siswa SMA IT Iqra Bngkulu sebanyak 47 siswa kelas XI.IPA.1 dan XI.IPA.2. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa tidak terdapat perbedaan rerata kemampuan pemecahan masalah open ended  peserta didik sekolah negeri dan sekolah swasta yang diajarkan dengan pendekatan realistik berorientasi etnomatematika Bengkulu. Dengan nilai statistik Parameter Estimates t = - 0, 673 dan angka signifikansi 0,504 > 0,05. AbstractThe purpose of this study was to look at the differences in open ended problem solving skills between public and private school students taught with the approach of realistic ethnomatematic oriented Bengkulu mathematics learning. The design of this study was a posttest pretest design. The population of this study were all students of SMA N 2 Bengkulu City and Iqra Bengkulu High School, with a sample of 74 students of Class XI MIPA-A and MIPA-C for SMA N 2 Bengkulu, and for Iqra Bngkulu High School IT students as many as 47 students in class XI. .1 and XI.IPA.2. The results of this study are that there is no difference in the mean open ended problem-solving ability of public and private school students taught by the realistic approach oriented Bengkulu ethnomatematics. With the statistical value Parameter Estimates t = - 0, 673 and the significance number 0.504> 0.05.
Perbandingan self-concept siswa yang diajar dengan model pembelajaran pencapaian konsep dan model pembelajaran luar kelas Syefriyani Detty; Saleh Haji; Nirwana Nirwana
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.585 KB) | DOI: 10.33369/jpmr.v3i1.6285

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Self Concept Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Dan Model Pembelajaran Luar Kelas Di SMP Negeri 11 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11 Lubuklinggau. Sampel dalam penelitian ini diperlukan 2 kelas yang mempunyai distribusi normal dan varians yang homogen. adalah siswa kelas VII 3 dan VII 4 SMP Negeri 11 Kota Lubuklinggau. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan self concept siswa yang diajar dengan model pembelajaran pencapaian konsep dan pembelajaran luar kelas di SMP Negeri 11 Lubuklinggau, tampak nilai statistik t hitung = 3,067 dengan angka signifikansi 0,003.
Metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa SMA dalam pembelajaran matematika berorientasi etnomatematika Rejang Lebong Novita Tanti; Wahyu Widada; Saleh Haji
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.514 KB) | DOI: 10.33369/jpmr.v3i1.6286

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 6